Peran Kemasan Produk Dalam Strategi Penjualan
Persaingan bisnis yang semakin gencar
membuat para pelaku bisnis harus benar-benar pintar mencari jalan agar
produknya terus dicari konsumen. Selain mutu produk, kemasan atau
packaging juga memiliki andil untuk menarik minat konsumen.
Jika kita amati perilaku konsumen saat
berbelanja di supermarket atau minimarket, tidak semuanya memiliki waktu
untuk berlama-lama mengamati satu persatu produk. Ada konsumen yang
hanya mengandalkan logo atau kemasan untuk mendapatkan produk yang
dicarinya. Kemasan menjadi salah satu media komunikasi antara produk
dengan konsumennya. Bila sebuah kemasan produk terlihat menarik dan
memiliki karakter yang kuat, maka besar kemungkinan konsumen akan selalu
ingat produk tersebut.
Peran Dari Kemasan Produk
Karena itu dalam mendesain sebuah
kemasan, hendaklah dibuat dengan bentuk, warna, dan tulisan yang menarik
dan unik sehingga tampak berbeda dengan yang lainnya. Kemasan yang unik
akan mencuri perhatian konsumen untuk memperhatikan produk anda dan
kemudian akan mempertimbangkannya untuk membelinya. Bisa saja terjadi,
seorang konsumen pada awalnya tidak tahu produk anda, tapi karena produk
anda memiliki kemasan yang menarik maka ia menjadi tertarik dan
membelinya.
Pada dasarnya desain kemasan
mempengaruhi apa yang ada di dalamnya. Karena itu pengaruh bentuk,
warna, bahan, desain kemasan dapat mempengaruhi konsumen. Sebaiknya anda
mencari tenaga yang berpengalaman dalam hal mendesain kemasan produk
yang menarik dan tetap menonjolkan ciri khas produk anda. Perilaku
konsumen yang semakin kritis terhadap kemasan produk, terlebih untuk
kemasan produk makanan harus mendapat perhatian khusus. Menggunakan
bahan yang ramah lingkungan, mudah dibawa, serta aman dan tidak
menimbulkan kontaminasi pada makanan, serta memberikan informasi produk
yang memadai akan menjadi pilihan konsumen.
Selain faktor-faktor tersebut anda juga
harus memperhatikan apa yang menjadi tren di masyarakat. Kemasan yang
tidak up-to-date akan memberikan kesan produk anda ketinggalan jaman,
kecuali jika memang produk anda sudah dikenal luas dan memiliki brand
awareness yang kuat.
Kemasan yang bagus tentu akan
mempengaruhi harga produk. Untuk itu anda harus memiliki strategi untuk
menyiasatinya. Namun bagi sebagian konsumen yang sangat mengutamakan
mutu, harga tidaklah masalah jika memang produk yang ditawarkan
benar-benar berkualitas.
Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Membuat Kemasan Produk
Berikut ini adalah beberapa poin yang harus anda pertimbangkan dalam membuat kemasan:
1. Target market yang jelas.
Saat anda berencana membuat kemasan,
anda sudah harus menentukan siapa target pasar anda, apakah anak-anak,
remaja, ibu rumah tangga, atau umum. Dengan mengetahui siapa yang
menjadi pangsa pasar anda, maka penjualan anda bisa berjalan maksimal.
Selain itu penggunaan bahasa dalam kemasan juga ikut memiliki pengaruh
yang besar. Penggunaan bahasa yang mudah dimengerti oleh semua kalangan
akan mempermudah konsumen untuk menggunakan produk anda.
2. Kemasan yang eye catching.
Kemasan hendaklah bisa langsung menarik
perhatian konsumen saat pertama kali melihat produk anda. Penggunaan
warna-warna yang cerah dan kemasan yang praktis seringkali menjadi
pilihan pengusaha dalam mendesain kemasan. Sesuaikan ukuran kemasan
dengan isi atau produk.
3. Kemasan yang berkarakter.
Persaingan bisnis yang semakin keras
memang tidak dapat dihindari. Untuk itu buatlah kemasan yang memiliki
ciri khas usaha atau produk anda. Menggunakan logo dalam kemasan juga
bisa menjadi pilihan agar konsumen bisa langsung mengenali produk anda.
4. Kemasan sebagai media promosi.
Saat ini kemasan tidak hanya berfungsi
sebagai pembungkus produk saja, melainkan juga sebagai media promosi
usaha/produk anda. Untuk itu buatlah special packaging untuk acara
tertentu seperti hari raya atau event tertentu seperti piala dunia dsb.
5. Kemasan yang praktis.
Kemasan hendaklah mudah dibawa
kemana-mana. Hal ini untuk mempermudah pendistribusian produk dan
menjaga kualitas produk dimana anda tidak perlu memegang produk secara
langsung sehingga memininalkan kontaminasi.
Kemasan suatu produk memiliki peran yang
sangat penting dalam proses penjualan produk anda. Memilih kemasan yang
unik dan memberikan hadiah atau bonus dalam kemasan dapat anda jadikan
opsi berjualan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar